RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Nama Sekolah :
SDN PALEUH
Kelas / Semester :
1 (Satu) / 1
Tema / Topik :
Diriku
Pertemuan ke :
1
Sub Tema :
Aku Merawat Tubuhku
Alokasi waktu :
1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
2.1 Memiliki kepedulian
terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia.
3.1 Menggali informasi dari
teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan
cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
IPA
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan
fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
BAHASA INDONESIA
Menyampaikan informasi dari teks
laporan hasil pengamatan
Memilih dan memilah kosa kata baku
IPA
Melakukan
penelitian atau pengamatan ilmiah
Mmewujudkan
rasa ingin tahu sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
ü Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa
dapat melakukan pengamatan berkelompok
ü Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat melakukan laporan hasil pengamatan
ü Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat membuat soal hasil pengamatannya dan
bertukar tugas dengan kelompok lain
ü Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat memilih dan memilah kosakata
dengan baku.
E. MATERI PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA
Laporan
hasil pengamatan
Huruf-huruf
pada kata
IPA
Penelitian
energi angin
Pasangan
bilangan 1-10
F. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperaktive
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Mengajak semua siswa
ber’doa menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
Mengajak berdinamika
dengan tepuk kompak
Meminta informasi dari
siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan
bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan
pembelajaran.
Menginformasikan Tema
yang akan dibelajarkan
|
10 Menit
|
Inti
|
Kegiatan
Mandi Setiap Hari
|
|
|
Sebagai pengantar guru
menyanyikan lagu
Guru menanyakan
kebiasaan mandi dan keramas siswa, misalnya mandi dua kali sehari
Keramas setiap dua hari
Siswa menceritakan
kebiasaan berkeramas
Guru menyimpulkan
kegunaan mandi dan
Keramas dan akibatnya
jika tidak dilakukan
Dengan teratur
Selanjutnya, guru akan
menyampaikan, akan membahas tentang penjumlahan
Tujuh siswa diminta
untuk kedepan kelas
Siswa lain diminta
menghitung siswa yang berada di depan
Siswa dibagi dalam
kelompok empat dan tiga, lalu meminta siswa menghitung masing-masing kelompok
Guru menjelaskan bahwa
kelompok tujuh dapat dibagi menjadi kelompok empat dan tiga
Guru mengumpulkan
kembali siswa lalu membagi menjadi kelompok lima dan dua
Guru menjelaskan bahwa
tujuh dapat terdiri atas kelompok tiga dan empat serta lima dua serta
beberapa kemungkinan lagi
Siswa diberi kesempatan
bertanya
Siswa mengerjakan
latihan dibuku siswa
Siswa membuat berbagai
kemungkinan pengelompokan dengan jumlah yang ditentukan
Siswa mengerjakan
latihan dibuku siswa
Penutup, guru melakukan
refleksi mengenai penjumlahan
|
35 Menit X 30 JP
|
|
Tidur
Untuk Kesehatan
|
|
|
Siswa ditanya tentang
kebiasaan-kebiasaan ini
Guru menyampaikan bahwa
tidur, termasuk tidur siang sangat dibutuhkan bagi semua orang, terutama
anak-anak, untuk memulihkan kesegaran tubuh
Siswa mengamati gambar
dibuku siswa
Guru menanyakan,
menurut siswa apakah tidur Adit nyenyak atau tidak nyenyak (jawab: nyenyak,
tidak nyenyak)
Tanyakan bila siswa
menjawab nyenyak atau tidak nyenyak, apa alasannya (galilah)
Siswa menirukan guru
membaca teks dengan suara nyaring
Siswa mengerjakan
latihan menebalkan huruf
Setelah selesai siswa
bersama guru membaca lembar pengamatan siswa yang sudah diisi oleh orang tua.
|
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Melakukan penilaian
hasil belajar
Mengajak semua siswa
berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
Mengamati sikap siswa
dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melakukannya dsb
Apabila ada siswa yang
kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka guru hendaknya
membenarkan siswa dalam berdo’a dengan baik dan benar.
|
15 Menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
ü Buku
siswa
ü Kapur
Tulis / Spidol
I.
PENILAIAN
PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.
Prosedur
Penilaian
a. Penilaian
Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2.
Instrumen
Penilaian
a. Penilaian
Proses
·
Penilaian Kinerja
·
Penilaian Produk
b. Penilaian
Hasil Belajar
·
Pilihan ganda
·
Isian singkat
·
Esai atau uraian
Lembar Pengamatan Orang Tua
Aktivitas
|
Hari
Ke-1
|
Hari
Ke-2
|
Hari
Ke-3
|
Hari
Ke-4
|
Mandi
|
|
|
|
|
Menggosok Gigi
|
|
|
|
|
Keramas
|
|
|
|
|
Mencuci Tangan
|
|
|
|
|
...........,
.............................20..
Mengetahui Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah
(.............................................) (.......................................)
NIP........................................ NIP..................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar