Minggu, 03 Januari 2016

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Seminar Problematika



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :
Nama Sekolah             : SDN PALEUH
Kelas / Semester         : 1 (Satu) / 1
Tema / Topik               : Diriku
Pertemuan ke             : 1
Sub Tema                    : Aku Merawat Tubuhku
Alokasi waktu              : 1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah, dan sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
2.1       Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya,  dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.1       Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.  



IPA
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
2.2       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok.


C.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
BAHASA INDONESIA
        Menyampaikan informasi dari teks laporan hasil pengamatan
        Memilih dan memilah kosa kata baku
IPA
        Melakukan penelitian atau pengamatan ilmiah
        Mmewujudkan rasa ingin tahu sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
ü  Setelah mendengarkan penjelasan dari guru,  siswa dapat melakukan pengamatan berkelompok
ü  Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat melakukan laporan hasil pengamatan
ü  Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat membuat soal hasil pengamatannya dan bertukar tugas dengan kelompok lain
ü  Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa dapat memilih dan memilah kosakata dengan baku.

E.      MATERI PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA              
        Laporan hasil pengamatan
        Huruf-huruf pada kata
IPA
        Penelitian energi angin
        Pasangan bilangan 1-10

F.       METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan     : Scientific
Strategi           : Cooperaktive Learning
Teknik              : Example Non Example
Metode           : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Dan Ceramah



G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
        Mengajak semua siswa ber’doa menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
        Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
        Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
        Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
        Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan   
10 Menit
Inti
Kegiatan Mandi Setiap Hari


        Sebagai pengantar guru menyanyikan lagu
        Guru menanyakan kebiasaan mandi dan keramas siswa, misalnya mandi dua kali sehari
        Keramas setiap dua hari
        Siswa menceritakan kebiasaan berkeramas
        Guru menyimpulkan kegunaan mandi dan
        Keramas dan akibatnya jika tidak dilakukan
        Dengan teratur
        Selanjutnya, guru akan menyampaikan, akan membahas tentang penjumlahan
        Tujuh siswa diminta untuk kedepan kelas
        Siswa lain diminta menghitung siswa yang berada di depan
        Siswa dibagi dalam kelompok empat dan tiga, lalu meminta siswa menghitung masing-masing kelompok
        Guru menjelaskan bahwa kelompok tujuh dapat dibagi menjadi kelompok empat dan tiga
        Guru mengumpulkan kembali siswa lalu membagi menjadi kelompok lima dan dua
        Guru menjelaskan bahwa tujuh dapat terdiri atas kelompok tiga dan empat serta lima dua serta beberapa kemungkinan lagi
        Siswa diberi kesempatan bertanya
        Siswa mengerjakan latihan dibuku siswa
        Siswa membuat berbagai kemungkinan pengelompokan dengan jumlah yang ditentukan
        Siswa mengerjakan latihan dibuku siswa
        Penutup, guru melakukan refleksi mengenai penjumlahan
35 Menit X 30 JP

Tidur Untuk Kesehatan


        Siswa ditanya tentang kebiasaan-kebiasaan ini
        Guru menyampaikan bahwa tidur, termasuk tidur siang sangat dibutuhkan bagi semua orang, terutama anak-anak, untuk memulihkan kesegaran tubuh
        Siswa mengamati gambar dibuku siswa
        Guru menanyakan, menurut siswa apakah tidur Adit nyenyak atau tidak nyenyak (jawab: nyenyak, tidak nyenyak)
        Tanyakan bila siswa menjawab nyenyak atau tidak nyenyak, apa alasannya (galilah)
        Siswa menirukan guru membaca teks dengan suara nyaring
        Siswa mengerjakan latihan menebalkan huruf
        Setelah selesai siswa bersama guru membaca lembar pengamatan siswa yang sudah diisi oleh orang tua. 

Penutup
        Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
        Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
        Melakukan penilaian hasil belajar
        Mengajak semua siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
        Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melakukannya dsb
        Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, maka guru hendaknya membenarkan siswa dalam berdo’a dengan baik dan benar.
15 Menit



H.     SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
ü  Buku siswa
ü  Kapur Tulis / Spidol

I.        PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.      Prosedur Penilaian
a.      Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
·         Penilaian Kinerja
·         Penilaian Produk
b.      Penilaian Hasil Belajar
·         Pilihan ganda
·         Isian singkat
·         Esai atau uraian

Lembar Pengamatan Orang Tua

Aktivitas
Hari Ke-1
Hari Ke-2
Hari Ke-3
Hari Ke-4
Mandi




Menggosok Gigi




Keramas




Mencuci Tangan




















                                                                        ..........., .............................20..
Mengetahui                                                                            Guru Kelas 1
Kepala Sekolah




(.............................................)                                                 (.......................................)
NIP........................................                                                   NIP..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar