BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang (alasan kesekolah)
Karena
kami ingin mencari pengalaman yang lebih luas lagi dengan terjun langsung ke sekolah dan menjadi pembantu pembina
pramuka kami pun mendapat pengalaman yang sangat menarik selama melatih ambalan
kami yaitu di tingkatan penggalang. Selama enam kali pertemuan kami mempunyai
pengalaman dan ilmu baru yang kami dapatkan selama kegiatan pramuka berlangsung,
pengalaman yang tidak akan kami lupakan dan dari situ lah kenapa kami memilih
untuk langsung terjun ke sekolah, terutama untuk menambah pengetahuan baru
tentang pramuka kami menjadi lebih mengerti dan paham ketika suatu saat nanti
kami menjadi pembina pramuka.
Pengalaman
melatih pramuka ini sangat bagus dan akan kami jadikan modal pembekalan untuk
kami ketika nanti sudah terjun ke sekolah dan menjadi pendidik di ambalan
nanti.
1.2 Rumusan Masalah
·
kegiatan
pertama perkenalan
·
kegiatan
kedua materi baris berbaris
·
kegiatan
ke tiga game atau permainan
·
kegiata
ke empat itu pembelajaran tali temali
·
kegiatan
ke lima semapure
·
kegiatan
ke enam pengujian SKU
BAB II
TINJAUAN MATERI
BAB III
LAPORAN KEGIATAN
Pada
pertemuan pertama tanggal 02 mei 2014, kegiatan latihan pramuka belum
berlangsung namun kami ganti terlebih dahulu dengan memperkenalkan diri dan perkenalan kepada
ambalan lainnya dengan sebuah game atau permainan yang menarik, Pada game ini ambalan kami dibuat membentu
lingkaran dengan mereka bernyanyi dan
pada saat seselai bernyanyi lalu tunjuk
salah satu siswa untuk mengalawali perkenalan dengan menyebutkan nama dengan
menggunakan gaya masing – masing. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih
dua jam setelah pertemuan pertama selesai kami menutup kegiatan dengan apel
sore.
Kegiatan kedua pada tanggal 09 mei 2014, siswa ambalan
yaitu siswa mkelas lima pada pertemuan kedua ini dimulai dengan kegiatan apel
terlebih dahulu setelah apel selesai ssiswa yang terpisah dari ambalan putra
dan putri di bagi menjadi dua kelompok dan mulai materi pertama kami berikan
kepada mereka cara jalan di tempat, hadap kiri hadap kanan, dua kali belok
kanak, istirat di tempat, haluan kanan, hormat, langkah tegak maju, dll. Dan
setelah kami selesai memberikan contoh kepada mereka kemudian mereka di beri
waktu selama 15 menit untuk latihan setelah selesai untuk menjaga kekompakan,
setelah itu lalu kami memanggil ambalan putri terlebih dahulu untuk kami tes
dan kemudian dilanjut dengan ambalan putra setelah materi kedua selesai kami
memberikan suatu permainan dan siswa yang dihukum harus mempraktekan ulang
kembali, setelah itu kami tutup kegiatan dengan apel sore. Sebelum pada
pertemuanminggu depan kami perintahkan kepada ambalan untuk membuat yel –
yel pertemuan kedua berlangsung secara
lancar sesuai peraturan.
Pada
pertemuan ke tiga tanggal 16 mei 2014,
materi ke tiga yang akan kami sampaikan kepada siswa penggalang yaitu yel – yel
atau permainan mereka dibentuk kemompok menjadi tiga kelompok putra dan putri pada satuan terpisah, lalu pada masing –
masing kelompok menunjukan kreasi yel – yel tebaik mereka. Pada pertemuan
ketiga kami tidak menyampaikan materi namun kami hanya memberikan yel – yel dan
permainan kepada mereka agar mereka tidak merasa jenuh dan bosan , pada kegiata
ketiga ini siswa penggalang merasa senang dan kami pun bermain bersama dalam
sebuah game dan yel – yel, sebagai tugas individu mereka yang kami tugaskan
minggu lalu kami memberikan permainan dengan sebuah tepukan jika ada yang salah
mereka maju ke dalam lingkaran dan menampilkan yel – yel terbaik masing –
masing, permainan tersebut seperti tepuk tunggal, dan ganda dengan cepat untuk meningkatkan konsentrasi mereka. Lalu
setelah kegiata selesai kami tutup dengan apel sore dan stelah itu kami memberi
tugas kepada mereka untuk minggu depan membawa tali atau tambang untuk pertemuan keempat
Pertemuan
ke empat tanggal 23 mei 2014, pertemuan ini kami awali dengan apel dan kemudian
siswa di arahkan untk masuk kedalam ruangan, di awal kegiatan ini kami memerintahkan
kepada merka untuk menujukan tambang atau tali yang kami tugaskan kepada mereka
di minggu lalu, dan kami memulai materi pertama dengan cara membuat simpul
jangkar,simpul pangkal, simpul mati dan kami menjelaskan kepada mereka guna
simpul tersebut dalam kehidupan sehari – hari dan mereka belajar cara membuat
tiang bendera.
Setelah
mereka diberikan waktu latihan kurang
lebih 15 menit mereka mempraktekan sendiri apa yang kami contohkan tadi kepada
mereka kemudian mereka dibuat tiga
kelompok putra putri disatukan dan membuat tiang bendera, dan keguatan ketiga
berjalan dengan lancar dan tertib lalu ditutup dengan kegiatan dengan apel
sore.
Pada
pertemuan ke lima tanggal 30 mei 2014,
dimulai dari apel pembukaan untuk latihan pramuka pada pertemuan ke lima
setelah apel selesai penggalang berbaris terlebih dahulu kemudian siswa dibagi
menjadi lima kelompok dan kami memandu mereka satu kelompok satu orang pemandu.
Pada pertemuan ke enam ini materi yang kami berikan yaitu semapure karena kami
memberikan materi dari tiap tiap pertemuan sesuai yang ada pada SKU. Kami ajarkan kepada pereka semapure dari
huruf A sampai Z, setelah kami contohkan mereka masing masing kelompok yang
sudah dibagi mempraktekan ulang. Setelah materi semapure selesai siswa
diarahkan untuk masuk kedalam ruangan dan materi kedua yaitu kami menyapaikan
tanda – tanda pegnal dalam gerakan pramuka dll materi yang ada pada SKU kami
sampaikan kepada mereka dalam pertemuan ke lima ini selain semapure kami
memberikan materi lain yaitu materi yang mencakup pada SKU , setelah kemua
kegiatan selesai kami tutup dengan apel
sore, karena setiap kegiatan harus kami aali dengan apel sebagai pembukaan pertama
sebelum kami menyampaikan materi .
Pertemuan
ke enam yaitu pada tanggal 06 juni 2014 sebagai pertemuan terakhir kami tidak
memberikan materi kepada mereka, namun kami melakukan pengujian SKU karena pertemuan terakhir kami satu orang
menguji dua orang penggalang yang akan di uji dari poin satu sampai poin
terakhir, dari materi yang kami sampaikan kepada mereka dan pada pertemuan kali
ini kami menguji para penggalang yang akan naik tingkat ke penegak. Bersama
kakak pembina kami bersama – sama menguji ambalan tersebut. Setelah semua kegiatan selesai kami beserta kakak pembina menutup acara
dengan apel sore. Karena pertemuan keenam ini kegiatan terakhir kami menjadi
pembantu ppembina di tingkatan penggalang
kami mengucapkan banyak terima kasi kepada semua ambalan yang kami latih
terutama kepada kakak pembina dan kak mabigus yang telah mengijinkan kami .
NAMA
|
02 MEI
|
09 MEI
|
16 MEI
|
23 MEI
|
30 MEI
|
06 JUNI
|
DEDE
NURFATHIYAH
|
|
|
|
|
|
|
FANNY
WIDYANINGSIH
|
|
|
|
|
|
|
DEWI
FAJAR NILAMSARI
|
|
|
|
|
|
|
MULYATI
|
|
|
|
|
|
|
MIDA
WIDIYANI
|
|
|
|
|
|
|
RIA
ARIYANI
|
|
|
|
|
|
|
LAPORAN HASIL DOKUMENTASI KEGIATAN LATIHAN PRAMUKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar